24 Agustus 2012

Chairul Tanjung si Anak Singkong



Satu lagi buku biografi, tapi kali ini biografi seorang pengusaha Indonesia bernama Chairul Tanjung. Mungkin ada diantara kita yang kenal Chairul Tanjung melalui iklan di antv? Yang pasti saya salah satunya :) Buku ini diterbitkan oleh Kompas dan disusun oleh Tjahja Gunawan Diredja.



Chairul Tanjung adalah seorang pengusaha yang memulai usahanya dengan usaha kecil - kecilan pada saat kuliah di kedokteran gigi Universitas Indonesia dengan menawarkan jasa foto kopi diktat kuliah dan sempat menjual alat - alat kedokteran gigi untuk praktek kuliah. Sempat memiliki perusahaan sepatu, yang malah akhirnya menjual sandal karena pesanan. Hingga akhirnya beliau memiliki stasiun televisi TransTV dan Trans7 serta Bank Mega. Di buku ini diceritakan bagaimana jatuh bangunnya CT dalam merintis bisnisnya hingga memiliki perusahaan besar dan yayasan. Cita - cita dan ambisinya menolong orang lain menjadikan bisnisnya sebagai salah satu sarana dalam mewujudkannya seperti sekolah Rumah Anak Madani.

Menurut saya, di buku ini diceritakan bagaimana hubungan baik dengan relasi sangat berpengaruh dengan bisnis yang dijalankannya serta kerja keras. komitmen dan kejujuran yang membuat orang lain mengandalkan CT serta didikan dan doa orang tua pastinya :)

Ada beberapa quotes atau mungkin petikan yang saya suka seperti :

Kita butuh banyak wirausaha yang nasionalis, nasionalis kerakyatan, karena ini tugas kemanusiaan. Karena kekayaan tidak dibawa mati. Inilah watak kebangsaan paling sejati. Kita berbuat, tidak sekadar beretorika.
Kata madani sengaja dipilih dengan sadar karena mengandung arti peradaban. Tidak mungkin peradaban mampu diwujudkan tanpa didasari pendidikan layak dan keahlian.
Kami juga menginginkan agar reformasi tidak sekadar berubah. Kami ingin perubahan yang berkelanjutan. Kami ingin Indonesia menjadi lebih baik, bukan hanya satu tahapan, melainkan berkelanjutan dan tidak pernah putus. Maka kami pilih transformasi. Trans TV

0 komentar:

Posting Komentar