28 Agustus 2012

ERROR



Beberapa waktu lalu, laptop saya sempat error mungkin karena saya matikan seenaknya akibat ngehang dan banyak aplikasi jadi ga jalan. Pas di restart yang ada malah tampilan kaya gambar di atas, sempat panik dan cari solusi di web tapi pas dicoba gagal semua. Jadi akhirnya saya coba install ulang, sebelum install ulang coba di cek disk pake fsck . Sambil berdoa mudah2an data - data penting masih bisa diselamatkan pake live CD Ubuntu. Alhamdulilah, data - data yang penting masih bisa diselamatkan. Setelah pasrah akhirnya install ulang tapi tampilannya tetap seperti tampilan di atas. Ah, bingung... Speechless.... dan akhirnya saya coba semua command yang ada, hingga di command return  tiba - tiba bisa masuk ke tampilan GUI nya Ubuntu. Coba lagi di restart, tapi tidak ada yang berubah tetap masuk ke tampilan command line  pake lagi command return tapi malah ga ada reaksi, Ah mungkin yang tadi pake command yang lain.. Setelah beberapa lama coba lagi pake command return dan akhirnya bisa jalan... Ah kayanya hardisknya rusak, soalnya ngebaca data juga jadi lama dan kadang ngehang juga. Yah mudah2an tulisan curhatannya bermanfaat.. :)) barangkali ada masalah yang sama.

Saran kalo mengalami masalah yang serupa :
1. Jangan panik
2. Bertanya kepada yang lebih tau atau ahlinya. Jangan sampai malah memperparah kerusakan karena coba - coba, boleh sih coba - coba kalau siap nanggungnya. Karena kemarin saya coba bongkar pasang komputer buat ngebersihin dari debu, dan pas masang malah salah yang akhirnya konslet dan rusak


0 komentar:

Posting Komentar